MANFAAT TIDUR SIANG BAGI BALITA

Salammualaikum..sahabat,,

Bagi balita, tidur siang bukan hanya untuk beristirahat, tetapi juga untuk belajar. Penelitian terbaru menunjukan bahwa tidur siang dapat membantu memori otak balita belajar. Berdasarkan temuan itu, prneliti Universitas Massachusetts di Amherst, Amerika Serikat, menganjurkan tidur siang demi perkembangan aktivitas belajar mereka.
Tidur siang membantu kemampuan otak anak-anak untuk kegiatan belajar dini. Pada saat tidur, terjadi peningkatan aktivitas di bagian otak yang berhubungan dengan belajar dan pengumpulan imformasi baru.
Tim oeneliti mengamati 40 anak berusia 3-5 tahun yang berisi matriks berisi sembilan hingga 12 gambar berbeda, seperti kucing atau payung. Pada siang dan keesokan paginya, para balita itu dites seberapa baik mereka mengingat posisi masing-masing gambar.
Balita yang tidak tidur siang, akurasinya hanya 65%. Daya ingat kelompok balita yang tidur siang sedikit kebih tinggi, yaitu 75%. Hasil penelitian tersebut sudah di muat di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pekan ini.
Rebecca Spencer yang memimpin penelitian itu menyebutkan bahwa tidur siang sabgat penting bagi anak-abak, terutama bagi balita yang telah mengikuti kegiatan pra-sekolah. "Tidur siang membantu mrngingat apa saja yang sudah mereka pelajari di sekolah," kata dia.
Mrnurut Dr Robert Scott-Jupp, College of Paediatrics and Child Health, tidur dengan durasi singkat bisa membatu peningkatan kondisi mental orang dewasa, misalnya dokter yang bekerja pada malam hari. Namun belum ada yang melihat hal serupa pada balita. "Ini hal yang penting karena ada perbedaan pendapat bahkan di tempat penitipan anak apakah mereka hatus mengajak anak tidur siang atau tidak," kata dia.
Scott-Jupp melihat bahwa balita menyerap banyak informasi setiap hari dan merka semakin ingin tahu tentang segala sesuatu di sekitarnya. "Balita setidaknya butuh waktu sekitar 11-13 jam setiap hari dan itu memberikan kesempatan pada otak mereka untuk beristirahat dan mengisi ulang tenaganya hingga siap untuk hari berikutnya."
Scott-Jupp mengatakan tidur siang sama pentingnya dengan tidur malam. "Tanpa tidur siang, anak-anak itu akan mudah lelah, rewel, pelupa, dan sulit berkonsentrasi."

                     * salam sahabat smoga bermanfaat *

                                                                                          sumber nyulik
                                                                              by-w.setiawan.tempo

Share:

Tidak ada komentar:

Popular Posts

G.A.D™. Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Sofyan Aditya

Subscribe Here

Translate

Flickr

Recent Posts