BASAHI LIDAHMU DENGAN ZIKIR

Salammualaikum,, sahabat.

Seorang sahabat bertanya kepada Rosulullah SAW soal amalan yang bisa dijadikan pegangan.

"Ya, Rosulullah, syariat Islam itu terlalu banyak bagiku. Beritahukan suatu pintu yang mencakup suatu ajaran yang bisa kujadikan pegangan?"

Rasulullah menjawab, "Lidahmu senatiasa basah karena zikir mengingat Allah."(HR Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Membaca Tahlil*
Sabda Rosulullah SAW, "Tidak ada seorang hamba yang mengucapkan Laa Ilaaha Illallaah seratus kali, melainkan Allah akan membangkitkan ia di hari kiamat, sedangkan wajahnya bagaikan bulan pada malam purnama. Dan tidaklah ditinggikan seseorang pada hari itu suatu amalan yang lebih baik daripada amalannya, kecuali orang yang mengatakan seperti perkataan tersebut, atau lebih daripada itu."(HR Al-Baihaqi)

Membaca tasbih*
Sabda Rosulullah SAW, "Ada dua kalimat yang ringan diucapkan tetapi berat dalam timbangan dan disukai Tuhan Maha Pemurah, yaitu Subhaanallahi wa bihamdihi subhaanallaahi azhimi (Maha suci Allah dengan segala pujian kepada-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung)."

Membaca tahmid*
Sabda Rosulullah SAW, "Seandainya dunia dan seisinya diletakan diatas tangan seorang umatku, lalu orang itu berkata, Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiina, sungguh ucapan tersebut lebih berat dan berharga daripada dunia dan segala yang menjadi milknya."(HR Al-qurthubi).

Membaca takbir*
Sabda Rosulullah SAW, "Barang siapa bertasbih kepada Allah pada setiap selesai salat 33 kali, bertahmid kepada Allah 33 kali, dan bertakbir kepada Allah 33 kali,  kemudian mengucapkan, Laa Illaaha Illallaah wahdahu la syariika lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai'in qadiir, sebagai penggenap yang keseratus kali, maka ia diampuni segala keslahannya sekalipun sebanyak buih di laut."(HR Muslim).

Membaca
Laa haula walaa quwwata illaa  billaahi*
Sebagaimana sabda Rosulullah SAW, "Barang siapa yang mengucapkan Laa haula walaa quwwata illaa billaah sebanyak 100 kali dalam sehari, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran selamanya."(HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Di hadis lain, Rosulullah SAW bersabda, "Bacalah Laa haula wa laa quwwata illaa billaah, karena kalimat itu salah satu pusaka surga."(HR Bukhari dan Imam Empat).

Membaca istigfar*
Sabda Rosulullah SAW, "Barang siapa yang membaca astafirullah al-azhim allazi laa illaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atubu illaihi, maka dosanya diampuni Allah, sekalipun dia adalah orang yang lari dari barisan perang melawan kafir."(HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Al-Hakim)

Demikian yg dapat alfakir sampaikan semoga menambah semangat kita dalam beribadah,MARI berbagi segala yg manfaat Karena sebaik-baik manusia dia yg bisa jadi manfaat untuk diri dan sesamanya.
semoga kita bisa benar-benar menjadi hamba Allah dengan ridho dan inayahnya amin*

Share:

Tidak ada komentar:

Popular Posts

G.A.D™. Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Sofyan Aditya

Subscribe Here

Translate

Flickr

Recent Posts