ORGANISASI vs KOMUNITAS

Asalammualaikum.. Sahabat,,
Di kesempatan ini mumpung lagi ada semangat ngeblog, karena kalau ngga ada semangat bukan ngeblog lagi namanya tapi istilah orang guci itu "ngablu" hihii...
dan untuk bahasan kali ini adalah:
bahasan pertama:
PERBEDAAN KOMUNITAS DAN ORGANISASI
bahasan kedua:
PERBEDAAN PETUALANG DAN PECINTA ALAM


BAHASAN I
Pengertian Organisasi
Suatu organisasi di bentuk karena mempunyai dasar dan tujuan yang ingin dicapai. Pencapaian tujuan bukan hanya kepuasan individual, tetapi kepuasan dan manfaat bersama.
Untuk itu kalau kita berbicara tentang organisasi maka sebagian dari para ahli berpendapat ,bahwa organisasi ditinjau dari segi etimologis (Bhs) adalah berasal dari kata “organ” yang berarti susunan badan manusia yang terdiri dari berbagai bagian menuju satu tujuan.
Jika ditinjau dari terminology (istilah) sebagaimana yang dikemukakan oleh James D Mooney
Organisasi adalah bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Dalam hal ini yang perlu kita fahami bahwa yang menjadi dasar organisasi, bukan “SIAPANYA” akan tetapi “APANYA” yang berarti bahwa yang dipentingkan bukan siapa orang yang akan memegang organisasi, tetapi “APAKAH” tugas dari dari organisasi?.

Masih banyak rumusan-rumusan pendapat tentang organisasi, akan tetapi dapat kita ambil kesimpulan ada kesamaan dasar tentang organisasi .

Pengertian Komunitas
Istilah kata Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang.

Wikipedia bahasa Indonesai menjelaskan Pengertian Komunitas sebagai sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

Soenarno (2002).
Definisi Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

Kertajaya Hermawan (2008).
Arti Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.
Komunitas tidak perlu memiliki badan hukum atau legalitas, sekretariat yang tetap serta anggaran dasar dan rumah tangga, ketiga hal ini hanya diperuntukan bagi sebuah organisasi

                         *********
DARI KESAMAAN MINAT ATAU HOBI
Komunitas dan Organisasi
Pada umumnya memiliki tujuan untuk mempersatukan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan kegiatan yang sama untuk dapat menjalin suatu kebersamaan sehingga mereka dapat menyalurkan dan mengembangkan hobi yang mereka miliki dengan baik, dan juga merupakan sarana untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan. mendidik setiap individu untuk memiliki semangat bersatu, bekerja sama, serta berdisiplin sehingga akan mudah terjalin kebersamaan.

Kesimpulanya baik dalam komunitas maupun organisasi, setiap anggotanya perlu memiliki sikap saling menghargai dan saling mengerti untuk dapat mempertahankan keutuhannya. Ketika mmenghadapi suatu permasalahan dalam komunitas maupun organisasi, penyelesaiannya harus dilakukan bersama-sama. Kebersamaan akan mudah tercerai-berai saat ada suatu masalah yang tidak dipecahkan secara bersama atau mementingkan salah satu pihak. Untuk itu, musyawarah mutlak diperlukan dalam setiap komunitas maupun organisasi.

Sebagai masukan buat kawan-kawan yg tergabung dalam sebuah komunitas maupun organisasi tertentu  dalam hal ini yang menjadikan alam sebagai media baik petualang maupun pecinta alam yang memiliki kesamaan dalam hobby atau interest, mari kita jalankan organisasi maupun komunitas kita sesuai definisi atau arti dari kata komunitas atau organisasi itu sendiri sesuai visi dan misi yg telah ditetapkan, tanpa harus penuh kekakuan dan paksaan.

                         *********

BAHASAN II
Nama pencinta alam dan petualang seolah-olah merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa di pisahkan antara keduanya.
Namun kalau dilihat secara etimologi kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, akan nampak kelihatan bahwa keduanya tidak ada hubungan satu sama lain.
Dalam KBBI, pecinta (alam) ialah orang yang sangat suka akan (alam), sedangkan petualang ialah orang yang suka mencari pengalaman di alam bebas, yang mungkin berbahaya, mengandung resiko tinggi dsb.
Dengan demikian, secara etimologi jelas disiratkan bahwa keduanya memiliki arah dan tujuan yang berbeda, meskipun ruang gerak aktivitas yang dipergunakan keduanya sama, yaitu alam.
Di lain pihak, perbedaan itu tidak sebatas lingkup “istilah” saja, tetapi juga langkah yang dijalankan.
Seorang pencinta alam lebih populer dengan gerakan enviromentalisme-nya.
Sementara itu, petualang aktivitasnya lebih lekat dengan aktivitas-aktivitas adventure-nya seperti pendakian, panjat tebing, pengarungan sungai dan masih banyak lagi kegiatan yang menjadikan alam sebagai medianya.

Kini yang sering ditanyakan ketika kerusakan alam di negeri ini semakin parah di manakah para pencinta alam? Begitupun dengan para petualang yang menggunakan alam sebagai medianya.
Bahkan Tak jarang aktivitas “mereka” atau kita yang menamakan diri pecinta dan petualang berakhir dengan terjadinya tindakan yang justru sangat menyimpang dari makna sebagai pecinta alam, misalkan terjadinya praktek-paktek vandalisme.
Inilah sebenarnya yang harus di kembalikan tujuan dan arahnya sehingga jelas fungsinya dan bukan hanya sebagai ajang hura-hura belaka.
Keberadaaan kita mungkin belum mencirikan kejelasan arah gerak dan pola pengembangan yang seharusnya.
Jangankan mencitrakan kelompoknya sebagai pecinta alam, maupun sebagai petualang.
Terkadang aktivitas kita cenderung merupakan aksi-aksi spontanitas yang terdorong atau bahkan terseret oleh medan ego yang tinggi dengan sekian image yang telah terlebih dulu dicitrakan.
Dengan demikian, banyak di antara para “pencinta alam” maupun "petualang" hanya cuma sebatas “gaya” yang menggunakan alam sebagai alat.

MARI KITA JALIN KEBERSAMAAN SESAMA PETUALANG DAN PECINTA ALAM
UNTUK BUMI YANG LEBIH BAIK AGAR TETAP LESTARI DIMASA KINI DAN MASA YANG AKAN DATANG

EDITOR:
gadvend
REFERENSI:
fb-kapass
ganendragiri.web.id
kaskus.co.id
miftahur.com
community.gunadarma.ac.id


Share:

Tidak ada komentar:

Popular Posts

G.A.D™. Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Sofyan Aditya

Subscribe Here

Translate

Flickr

Recent Posts